9

TENTANG KITA

“Mas saya benar kaget di K9 ada petugas berhijab. Saya ingat di Sydney AU, 1996 dijelaskan oleh AU Customs bahwa mereka melatih anjing untuk tidak menyentuh terduga narkoba, hanya mengikuti ybs., agar tidak menimbulkan protes. Disini sekarang malah dog handler wanita berhijab. Viva K9 salam merdeka.”

Sebuah pesan singkat yang saya peroleh dari seorang senior yang sudah purna tugas, sebuah kebanggan bagi saya pribadi karena saya belum pernah menjadi anak buah langsung beliau saat beliau aktif dahulu.

Dari pesan singkat tersebut saya bisa membaca ada sebuah kebanggan yang luar biasa dari dalam diri beliau terhadap instansi yang membesarkan beliau.

Dari beberapa obrolan dengan bebrapa sahabat dan senior di Kantor, hampir semua sepakat bahwa masing-masing dari diri kita saat ini harus bisa dan rela menjadi Humas Ditjen Bea Cukai.

Atau minimal salah satu bagian kecil dari tugas pokok  Humas DJBC.

Sesuai dengan era keterbukaan yang semakin bebas masyarakat menuntut kepada setiap instansi pemerintah, terutama terkait dengan layanan mempunyai kepastian dalam hal waktu.

Oleh DJBC hal ini dikenal dengan nama janji layanan .

Berkaitan dengan hal tersebut, dikarenakan tugas utama saya di Kantor bukan bidang humas hanya saja karena ingin bisa melaksanakan pesan seorang teman dan seorang senior agar diri kita masing masing menjadi “humas” tidak resmi DJBC sesuai dengan kompetensi masing-masing pegawai.

Inti dari hal tersebut adalah, supaya masyarakat lebih bisa mengetahui lebih banyak dan lebih jauh tentang Bea Cukai, dikarenakan masih banyak masyarakat yang belum tahu tentang Bea Cukai, bahkan di beberapa daerah Bea Cukai adalah Pulisi mBako.

Seorang senior berpesan informasikan tentang Bea Cukai melalui diri kita, jika ada yang terbiasa menggambar buatlah gambar tentang Bea Cukai, jika terbiasa khutbah jum’at maka jangan malu memakai seragam Bea Cukai saat khutbah Jum’at. Serta berbagai aktifitas lain yang bisa menambah kesan positif terhadap DJBC.

” Kita punya banyak sekali produk layanan kepada pengguna jasa, contoh nyata INSW Indonesia Nasional Single Window hanya saja salah satu kelemahan kita adalah kita tidak bisa menjual/menginformasikan kepada publik tentang hal-hal seperti ini, salah satu titik lemah kita ada di bagian publikasi kita ” ( Heru Pambudi Dirjen Bea Cukai )

Ternyata masih banyak teman-teman di Kementrian Keuangan yang belum tahu bahwa di Direktorat Jenderal Bea Cukai mempunyai team K9, team anjing pelacak yang dilatih untuk membantu tugas Bea Cukai di bidang pengawasan terhadap masuknya barang-barang terlarang ( narkotika dan sejenisnya ) kedalam daerah pabean.

Dan ternyata masih ada juga kawan di Direktorat Jenderal Bea Cukai yang belum tahu bahwa di instansi tercinta mereka mempunyai seorang dog handler wanita berhijab .

Ada pro dan kontra itu hal yang biasa , akan tetapi saya yakin se yakin yakinnya bahwa sahabat saya dikarenakan tugas nya menjadi seorang dog handler untuk membentengi masyarakat dari bahaya narkoba Insya Allah akan bernilai ibadah.

“bukankah air liur anjing itu najis…?”

“bukankah najis itu bukan dosa dan bisa dibersihkan..?”

Yang jelas, hal ini bukan tentang saya bukan tentang anda namun tentang kita , tentang instansi tercinta kita.

Tidak ada niat untuk overlaping atau tumpang tindih dengan tugas utama bagian humas. Ini hanya sedikit bukti nyata cinta kami kepada instansi yang telah membesarkan kami, melalui cara yang kami miliki.

Sekali lagi ini bukan tentang saya

Bukan pula tentang anda

Namun ini TENTANG KITA

Seperti kata kata dalam syair lagu tentang kita

Ternyata t’lah menjadi
Kebahagiaan hati yang tiada terperi
Mari genggam jemari
Memadu dua hati saling memiliki

Kembali, kembalilah kini, segala asa berseri
Benahi, benahilah kini, kepekaan nurani
Kembali, kembalilah kini, segala asa berseri
Berjanji, berjanjilah kini, tetap setia sampai selama-lamanya…

( Tentang Kita KLA Project )
Pinggiran Jakarta
6 September 2015
@Jidan9084
#bcjakarta
IMG_3934

Untuk memastikan tidak ada barang lain yang disembunyikan dalam cargo saat petugas melakukan plane zooking/pemeriksaan

IMG_3961

Team K9 menaiki pesawat cargo

IMG_3990

Diana Anggraini Ramona DOG HANDLER wanita pertama yang dimiliki oleh DJBC

IMG_4007

Team K9 sedang melakukan peemriksaan

IMG_4023

Team K9 sedang melakukan pemeriksaan

IMG_4065

Setelah masuk mesin x ray paket diperiksa untuk memastikan bukan barang larangan

IMG_4102

Kasih Sayang

IMG_4110

kata kata “Good Boy”, adalah salah satu cara memberi pengharagaan kepada seekor anjing team K9 jika selesai melakukan tugas

IMG_4115

DIANA Dog Handler DJBC

IMG_4116

DIANA Dog Handler DJBC

IMG_4189

NARSIS……..yo ben, kapan maneh

admin_kangardani

9 Comments

  1. Yang pertama dan kaitannya dengan wanita pasti istimewa ya pak.. Apalagi membawa hijab dan K9 pada satu situasi… Bravo BC .
    Btw kapan bapak jadi humas? Siap dipanggil nenteng tripot … Hehee

  2. Salam kagem Dik Diana nggih mas…
    Saya setuju, sependapat, seide dan sepemikiran dengan panjenengan terkait Humas..Mari, kita mulai dari diri sendiri..

    Btw, foto yg paling buncit : asline ndak ndredheg wedi dicokot niku ??? 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *