7

DI UJUNG NEGERI

Jika disebut nama Tarempa atau Kabupaten Anambas, tentu sebagian besar dari kita akan bingung, dimanakah lokasinya. Apalagi sebagian besar dari kita (termasuk saya) lemah dalam hal membaca peta, meski kita dulu ikut Pramuka. Yang aneh lagi di Pramuka ada pelajaran membaca Peta Buta.Lha wong peta telanjang saja susah ini malah dibuat buta.

Kepulauan Anambas

Kepulauan Anambas

Tarempa adalah ibukota Kabupaten Kepulauan Anambas Propinsi Kepulauan Riau. Merupakan Kabupaten pemekaran dari Natuna. Meskipun Kabupaten Kepulauan Anambas adalah buah pemecahan dari Kabupaten Natuna namun lokasi kedua Kabupaten ini sangat jauh, diperlukan waktu semalam untuk bisa ke Anambas dari Natuna dan sebaliknya jika memakai kapal feri.

Untuk bisa ke Kabupaten Anambas cara yang paling mudah adalah melalui kapal feri dari Tanjung Pinang, untuk ke Tanjung Pinang cara paling mudah melalui Batam, dan untuk ke Batam anda bisa melalui Singapura, Jakarta atau dari manapun.

Perjalanan Tanjung Pinang ke Anambas dengan naik Kapal Feri Cepat kurang lebih memakan waktu 10 jam. Dengan ongkos Rp. 300.000,00.

“Dik, kok tiketnya murah ?”
“Dapat subsidi dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas Mas”
jelas Bayu sahabat kami di Kantor Bea Cukai Tanjung Pinang.

Sepanjang perjalanan dari Tanjung Pinang ke Anambas kita akan semakin merasa “kecil” di hadapan Sang Kholiq. Karena saat di dalam Kapal Feri Cepat sejauh mata memandang hanya ada air dan air saja. Sehingga jika ada hal-hal yang tidak kita inginkan hanya Allah saja yang bisa menolong kita. Kami yang baru pertama kali, tentu saja komat-kamit dengan do’a yang kami panjatkan. Bukan karena kami sangat religius namun inilah fitrah manusia.

Kabupaten Kepulauan Anambas terbentuk melalui Undang-Undang No. 33 Tahun 2008 Tanggal 24 Juni 2008. Kabupaten Kepulauan Anambas terdiri dari 6 Kecamatan yaitu Kecamatan Siantan, Kecamatan Siantan Timur, Kecamatan Siantan Selatan, Kecamatan Palmatak, Kecamatan Jemaja dan Kecamatan Jemaja Timur. Ditambah dengan 1 Kecamatan yaitu Kecamatan Siantan Tengah yang dibentuk berdasarkan Keputusan Bupati Kabupaten Natuna Nomor 17 Tahun 2008 dengan cakupan wilayah administrasi Desa Air Asuk, Desa Air Sena dan Desa Teluk Siantan.

Sebagai wilayah kepulauan, Kabupaten Kepulauan Anambas memiliki karakteristik yang berbeda dengan wilayah lainnya, hal ini dikarenakan sebagian besar wilayahnya terdiri dari lautan dan pulau-pulau yang tersebar di Perairan Laut Natuna dan Laut Cina Selatan. Wilayan Administrasi Kabupaten Kepulauan Anambas menurut UU No. 33 Tahun 2008 yang memuat pulau-pulau besar dan kecil serta pulau terluar dengan batas wilayah adalah :

Sebelah Utara : Laut Cina Selatan
Sebelah Selatan : Kepulauan Tembelan
Sebelah Barat : Laut Cina Selatan
Sebelah Timur : Laut Natuna

 

IMG_0091

Kota tarempa

Sepanjang perjalanan Tanjung Pinang Anambas penumpang Feri disuguhi hiburan film film Melayu tempo dulu, atau lagu-lagu Melayu yang nyaris belum pernah kami dengar selama ini. Lagu lagu Melayu yang sebagian berisi syair puji pujian kebesaran Sang Maha Pencipta yang dilantunkan, seperti tidak memberi “peringatan” kepada para penumpang Kapal Feri.

Sepanjang perjalanan selama 10 jam ke dua anak ini bercanda terus

Sepanjang perjalanan selama 10 jam ke dua anak ini bercanda terus

Atau bisa jadi karena sudah terbiasa dengan perjalanan yang cukup menguras stamina dan adrenalin tersebut. Sebagian besar penumpang Kapal Feri asyik dengan alat komunikasi masing-masing, ditambah fasilitas head set sehingga sebagian besar penumpang asyik dengan dunia masing-masing.

Hampir tidak ada penumpang yang asyik membaca buku seperti yang dilakukan kebanyakan wisawatan asing.

Alhamdulillah setelah menempuh perjalanan kurang lebih 10 jam kami sampai di Tarempa, wajah-wajah ceria terlihat di wajah-wajah kami sesaat sebelum kapal sandar di dermagaa. Di tengah laut kami terlihat gelisah, apalagi sebagian besar penumpang bisa tidur dengan nyenyak sedangkan rombongan kami hanya bisa miring ke kiri dan miring ke kanan di masing masing tempat duduk kami. Ditambah kapasitas penumpang yang melebihi batas maximal.

 

Para penumpang ke dan dari tarempa

Para penumpang ke dan dari tarempa

Cara efektif membunuh rasa penat di perjalanan kali ini, kami hanya bisa seskali ke toilet itupun harus melangkahi beberapa penumpang yang duduk di bawah, atau kami ke anjungan kapal feri bersama para perokok dengan resiko, masuk angin jika lama di anjungan.

Penunjuk jalan

Penunjuk jalan

 

Kapal Moda transportasi utama

Kapal Moda transportasi utama

Keceriaan anak-anak masa depan Anambas

Keceriaan anak-anak masa depan Anambas

Di pundak mereka Anambas dititipkan

Di pundak mereka Anambas dititipkan

 

Aroma ikan asin dan nuansa nelayan menyambut kedatangan kami, dan setelah melewati pintu selamat datang. Sahabat-sahabat kami dari Kantor Bea Cukai Tarempa menyambut kami dengan senyum dan canda khas instansi kami.

Pasar ikan yang segar segar, sebagian besar hasil para nelayan dikirim ke tanjung pinang dan batam

Pasar ikan yang segar segar, sebagian besar hasil para nelayan dikirim ke tanjung pinang dan batam

 

menghitung hasil tangkapan

menghitung hasil tangkapan

 

 

transaksi di pagi hari

transaksi di pagi hari

Kita jalan kaki saja ke penginapannya, dan supaya Mas Ardani tahu kalau disini kota nya ya hanya dari ujung jalan itu sampai ujung jalan sana itu. Kalau di Jakarta kurang lebih dari Kebon Nanas sampai Rawamangun. Mobil yang ada hanya milik Bupati dan Puskesmas serta Kepolisian. Maklum disini kepulauan jadi mobil hampir tidak berfungsi. Apalagi jarak kota yang pendek, lebih cepat naik sepeda motor untuk menjelajahi kota Tarempa. Jangan kaget juga kalau pas telephon tiba tiba gak ada signal, maklum kota sangat kecil.

Sahabat-sahabat kami pengawaltapal batas negeri

Sahabat-sahabat kami pengawaltapal batas negeri

 

Plasa Tarempa

Plasa Tarempa

sudut kota tarempa

sudut kota tarempa

 

aktifitas kota tarempa

aktifitas kota tarempa

 

warung kopi yang selalu ramai

warung kopi yang selalu ramai

Tarempa adalah salah satu bukti kota perdagangan tua, bangunan-bangunan yang ada di Tarempa mirip dengan yang ada di kota Tanjung Pinang. Pusat kota tepat di bibir pantai langsung terhubung dengan dermaga pantai, karena moda transportasi yang utama adalah dengan kapal. Masyarakat melayu dan keturunan china berbaur menjadi satu.

sudut kota tarempa dari sisi pelabuhan

sudut kota tarempa dari sisi pelabuhan

 

kota tarempa sore hari

kota tarempa sore hari

Jika sempat ke Tarempa jangan lupa mencicipi mie Tarempa dan roti luti gendam, mie tarempa mirip dengan mie aceh menurut saya sedang roti luti gendam mirip dengan roti pada umumnya hanya isi di dalamnya abon ikan salah satunya yang rasanya mak nyuss. Tambah nikmat ditemani segelas kopi hitam dengan gelas khas kepulauan Riau.

Jadual Kapal Feri dari Tanjung Pinang ke Tarempa, dua hari sekali dan harus pesan terlebih dahulu mengingat banyaknya penumpang yang akan ke Tarempa dari Tanjung Pinang dan sebaliknya. Ada perusahaan minyak kelas Internasional yang mempunyai pesawat carter dari bandara Halim PK ke Matak.

Matak adalah lokasi pengeboran minyak yang dieksplorasi oleh perusahaan asing. Dari lokasi ini kawan kawan kami melakukan tugas pelayanan dan pengawasan di bidang ekspor impor.

Cukup besar devisa impor dan ekspor yang menjadi tanggung jawab sahabat sahabat kami di Kantor Bea Cukai Tarempa. Di tengah keterbatasan yang luar biasa, SDM maupun sarana prasarana mereka masih tetap mempunyai dedikasi untuk tetap melayani dan mengawasi kegiatan ekspor impor yang menjadi tanggung jawab mereka.

Kendala yang dihadapi oleh teman-teman di Bea Cukai Tarempa selain transportasi yang sangat terbatas, juga kendala komunikasi sehingga seringkali apabila ada tugas yang sifatnya mendadak ke Batam, Tanjung Balai Karimun, apalagi ke Jakarta sering kali mereka tidak bisa memenuhi surat panggilan tersebut.

Terima kasih, sahabat-sahabat Bea Cukai Tarempa yang telah memberi pelajaran kepada kami, karena kalian yang berada di ujung negeri masih tetap mempunyai dedikasi tinggi menjaga negeri ini.

BRAVO DJBC

DJBC BISA

DJBC JAYA

@Jidan9084

DSCF1483

Klenteng di Tarempa

Masjid Raya Tarempa

Masjid Raya Tarempa

Dua Sahabat

Dua Sahabat

Sunrise sudut Tarempa

Sunrise sudut Pulau Anambas

IMG_0037

Sunrise di sudut Pulau Anambas

Wisata Air Terjun

Wisata Air Terjun

Air Terjun Timburun

Air Terjun Timburun

Air Terjun Timburun

Air Terjun Timburun

S0681547

I Love Indonesia

S0721556

I Love Indonesia

Sunrise di Anambas

Sunrise di Anambas

IMG_0124

Sunrise di Anambas

admin_kangardani

7 Comments

  1. Wajah..tulisane apik bgt. Foto2nya juga luarbiasa pakdhe. Pengalaman yg tak mungkin terlupakan bs mampir di salah satu ujung kepulauan terluar di Indonesia jumpa bareng senior sekaligus sahabat. Sukses dan sehat selalu Pakdhe Ardani.

    • amin om Amenk

      terima kasih banyak pokoknya
      semoga lain kali bisa ngobok onok Tanjung Pinang bareng om Amenk he he he

      salam buat kelg tercinta

  2. Terima kasih Pak atas sharing pengalaman sama perjalanannya…. Baru benar2 yakin KPPBC ini ada setelah selama ini hanya melihat tulisan hitam kantornya di atas putihnya kertas…. Semakin tambah bersyukur. Iya Pak, semoga rekan2 di sana diberikan keberkahan dan kemudahan dalam tugas… Satu lagi, ijin share Pak

  3. Mantap rupanya BC Tarempa…bagus sekali vieew nya…jadi ingat tmn saya mas Joni Tarempa ….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *