7

BRAIN, BEAUTY, BEHAVIOUR dan BERAT BADAN

Seminggu yang lalu saya berkesempatan bekerja sama dengan sahabat-sahabat hebat Kantor saya, meskipun kami sudah berkenalan sejak pertengahan 1990an akan tetapi karena penugasan kami yang tidak pernah bersama dalam satu unit kerja mengakibatkan hanya kenal kulit saja. Para wanita hebat ini sependek pengetahuan saya adalah para wanita yang sudah mengalami transformasi kelembagaan dalam diri mereka, mereka tetap berkarir menjadi seorang PNS tetap setia menjadi bagian dari pulisi mBako hingga saat ini.

Berdasarkan info dari telik sandhi  saat mereka muda ada yang menjadi finalis Gadis Sampul Majalah Dinding sekolah mereka, ada juga finalis Gadis Shampo Sepeda Onthel, ada juga yang pernah juara kelas menyanyi lagu Indonesia Raya.

Bukti bahwa mereka adalah para pemilik Brain Beauty Behaviour. Sahabat saya ini mempunyai wawasan yang super luas dalam hal pekerjaan mereka, mereka betul-betul memiliki es prit de corps diatas rata-rata, kecantikan mereka tidak hanya dari luar saja namun inner beauty mereka akan terpancar dari sorot mata dan tutur kata, sesekali memang amsih cekakakan namun wajar menurut saya, kepribadian mereka juga sangat santun mencerminkan mereka memperoleh didikan yang penuh kasih sayang dari orang tua mereka.

Meskipun sekarang mereka bertambah satu B lagi Berat Badan akan tetapi tidak mengurangi sifat 3B meraka, tetap saja mereka Brain, Beauty dan Behaviour, yang membuat saya semakin salut dengan mereka semua karena sekarang mereka sudah menutup aurat mereka, ini sebuah revolusi mental yang tidak mudah bagi seorang wanita karir di DJBC.

Pribadi-pribadi hebat itu.

Pribadi-pribadi hebat itu.


Alhamdulillah Mas, kami mantab dan ikhlas memakai Hijab meski ada beberapa dari kami yang bisa dikatakan belum seperti hijabers yang lain akan tetapi seiring dengan berjalannya umur kami ini, kami tidak sekedar berjilbab seperti lemper yang dengan baju ketat serta jilbab asal-asalan.

Kami bersyukur karena dengan adanya program kajian rutin  di Kantor dari beberapa Ustadz dan Ustadzah , jiga hasil diskusi dengan sahabat-sahabat kami yang sudah memakai hijab sejak dahulu membuat pandangan kami bahwa Jilbab itu menghambat kerja kami, menurunkan  profesionaliats kami, membuat kami tertinggal bahkan terkesan nDeso tidak ada.

Pemahaman kami terhadap Islam memang masih jauh dari sempurna akan tetapi kami terus berusaha untuk lebih baik, Insya Allah jika kami para wanita di Instansi tercinta kita ini semakin banyak menebar kebaikan akan berpengaruh positif terhadap Kantor, do’akan kami semua Mas, agar bisa Istiqomah.

Ardhani Naryasti

Ardhani Naryasti

Yetty Yulianti

Yetty Yulianti

Rini Setyowati

Rini Setyowati

Mereka adalah bagian dari tim penyusunan Buku Panduan Layanan di Direktorat Jenderal Bea Cukai, singkat cerita mereka harus bisa mentransfer ilmu tentang bagaimana melayani yang baik kepada para pengguna jasa, jika ada komplain bagaimana menangani, jika ada penumpang dari Luar Negeri marah-marah karena harus membayar pajak dalam rangka impor dikarenakan membawa barang bawaan penumpang yang nilainya melebihi batas maksimal, bagaimana tetap bisa tersenyum mendengar ucapan pedas dari penumpang di bandara, bagaimana tetap bisa menjawab serta menjelaskan ketentuan perundangan yang berlaku dengan kepala dingin cacian dari para anggota dewan atau pejabat yang selalu minta diistimewakan.

Model yang dipakai untuk ilustrasi adalah para pegawai pegawai DJBC yang masih baru masuk di Instansi kami dengan maksud antara lain agar mereka bisa menularkan virus positif ini kepada rekan kerja mereka di seluruh Nusantara, bagaimanapun di tangan kawula muda perubahan ke arah positif atau negattif akan cepat terjadi.

Hampir semua model-modelan untuk ilustrasi buku tersebut saya belum kenal, modal saya cuma satu NIP saya juah diatas mereka sehingga dengan metode trial by senioritas mudah saya terapkan. Jika pun foto mereka tidak dipakai untuk ilustrasi Buku Panduan Layanan DJBC , foto mereka minimal dipakai untuk profil picture sosmed mereka.

IMG_0046

Gege Mojang Bandung

 

IMG_0139

 

 

 

IMG_0212

 

IMG_0368

 

 

 

Benang merah nya adalah wajar kita kesal karena dilecehkan, masuk akal kita gondok karena dianggap tidak bisa move on , sangat mungkin kita ingin membalas lebih akan tetapi dengan hati yang tenang dengan mengedepankan nama baik Institusi tercinta semua hal tersebut harus dikubur dalam-dalam, demi menjaga marwah Direktorat Jenderal Bea Cukai maka keinginan keinginan yang bisa mengakibatkan DJBC dianggap tidak melakukan perubahan , dianggap tidak reformis, dianggap aparat korup maka teman-teman di lini depan pelayanan harus mempunyai kesabaran tingkat dewa.

IMG_0079

 

 

 

 

IMG_0239

 

IMG_0366

 

IMG_0544

 

IMG_0555

 

 

IMG_0945

diintimidasi wae ben manut

 

 

Foto foto ini adalah foto foto sampah karena tidak akan dipakai di buku Pedoman Pelayanan bagi aparat Bea Cukai. Jadi kalau pose dan gaya nya nDeso  mohon dimaklumi.

Terima kasih sahabat hebat yang telah mengajak saya untuk (sedikit) terlibat  proses penyusunan buku tersebut, mohon maaf jika banyak kekurangan dari saya. Seringkali saya lupa jika saya sedang bekerja dengan para wanita yang mereka mempunyai tamu rutin dan saya tidak tahu apakah saat itu sang tamu sedang datang atau tidak sehingga beberapa kali saya tidak faham akan hal tersebut.

Saling berwasiatlah kalian untuk berbuat baik kepada wanita. Pasalnya, mereka tercipta dari tulang rusuk. Yang paling bengkok dari tulang rusuk itu adalah yang paling atas. Jika berusaha meluruskannya, engkau akan membuatnya patah. Dan jika dibiarkan, ia akan terus bengkok. Karena itu, saling berwasiatlah kalian untuk berbuat baik kepada wanita.” (HR. Bukhori no: 4890)

@Jidan9084

admin_kangardani

7 Comments

    • terima kasih mas dartono, tapi maaf saya bukan pengelola website tsb akan say ainfo temen2 Humas

    • Terima kasih Abah…maklum nulis nya gak mikir gak ilmiah gak spt temen2…wkwkwkwkkw

  1. Loh bea cukai sekarang banyak ceweknya ya Kang Jidan, lah saya waktu di perbend kpu priok, satu ruangan gede, ceweknya cuman satu, itupun lulusan pelayaran, koyo cowok juga he he

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *