0

KACANG

Saat awal musim hujan bagi para pencari rumput untuk pakan ternak mereka adalah saat yang ditunggu tunggu mereka dengan mudah mencari rumput dimana mereka mau, para pencari rumput ini mengandalkan arit maka mereka disebut ngarit-ers. Arit adalah andalan mereka untuk tetap tajam mereka senantiasa membawa asahan pisau, kemahiran mereka dalam mencari rumput sangat terbantu dengan ketajaman arit mereka. Untuk bisa memperoleh sekarung rumput penuh bekas karung beras 50kg biasanya diperlukan 2-3 jam ngarit nya di lokasi perkebunan tebu atau persawahan.

Di akhir-akhir  musim kemarau sebagian para petani akan menanam sawah mereka dengan tanaman kacang tanah sehingga  saat awal musim penghujan  panen raya . Para pemilik lahan panen kacang tanah sangat mengharapkan kedatangan para ngarit-ers ini, karena mereka akan diijinkan untuk ikut panen kacang tanah kemudian membantu memisahkan kacang tanah dari pohonnya dan para ngarit-ers akan diperbolehkan membawa semua hasil memisahkan kacang tanah dengan pohonnya (rendeng).

Seberapa mereka bisa memisahkan kacang tanah dari pohonnya, sejumlah itu pula hak yang merek bawa pulang.

Simbiose mutualisme, petani kacang tanah terbantu dengan tenaga gratis sehingga cepat selesai panen kacang tanahnya sebaliknya para pencari rumput membawa pulang rendeng hasil kerja mereka untuk pakan ternak mereka, seperti manusia para hewan ternak juga perlu variasi dalam makanan mereka.

Kacang Tanag

Kacang Tanah

Rendeng oleh para peternak diyakini mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi–entah riset darimana–sehingga saat ada petani panen kacang tanah maka berbondong-bondong tanpa komando akan mendatangi lokasi panen kacang tanah, melalui sistem jaringan komunikasi gethok tular info dari mulut ke mulut tentang lokasi panen kacang tanah, bisanya selama seminggu hingga dua minggu para pencari rumput akan menjadi buruh harian tidak resmi  di lokasi panen kacang tanah . Selain karena tenaga yang dikeluarkan lebih sedikit jika dibanding dengan mencari rumput seperti biasa dengan menjadi buruh tidak resmi, mereka akan mendapat makan siang secara gratis.

Kebun Kacang Tanah

Kebun Kacang Tanah

Dan dikalangan para pencari rumput di daerah kami semua sepakat tidak ada yang berani mengadu ketajaman arit dengan arit milik mbah Wiryo, selain ketajaman arit juga pegangan aritnya yang terbuat dari kayu jati sehingga berat sekali arit mBah Wiryo .

Mbah Wiryo seorang anggota veteran perang kemerdekaan di usia yang sudah lanjut masih kuat mencari rumput untuk sepasang sapinya, meski anak-anaknya sudah jadi akan tetapi mBah Wiryo tidak mau diam begitu saja tetap aktif mencari rumput untuk .

Sak jane aku yo ora enthuk ngarit kambek anak-anakku, jare kancane anak-anakku kok ora mesakke wong tuwone. Aku ngarit lan ngopeni Sapi iki tak nggo hiburan sak liyane ngrukokke siaran radio RRI umpomo aku iki ora enthuk ngarit malah awakku loro kabeh Le, wong wis biasa obah bubar subuhan soko Mesjid ngaji njur budhal ngarit, sak durunge duhur wis tekan ngomah maneh.

Mbah Wiryo bagi kami kalangan ngarit-ers adalah sosok panutan, selain karena faktor usia yang paling tua diantara kami, pengalaman hidup serta peran aktif dalam perang kemerdekaan membuat kami semakin hormat kepada beliau, di saat usia senja masih masih enerjik. Saat bertemu di lokasi mencari rumput sesaat setelah kami selesai melaksanakan tugas, sembari rehat mBah Wiryo akan bercerita kepada kami tentang apa saja, pengetahuan mBah Wiryo sangat luas. Dari mulai cerita pewayangan dengan segala tokohnya, cerita ketoprak, kisah perang kemerdekaan hingga pelajaran tentang hidup. Dan jika bercerita tentang kisah hidup akan sangat menarik, meski lama cerita nya tetap saja kami semua setia mendengarkan, selain mBah Wiryo tidak ndobos dalam bercerita juga kami bisa membuktikan keberhasilan mBah Wiryo mendidik putra putrinya.

Yen siro di becik’i liyan iku tulisen ing watu, supoyo ora ilang lan tansah kelingan.

Yen siro gawe kabecik’an marang liyan iku tulisen ing lemah supoyo enggal ilang lan ora kelingan. ,


Jika kamu menerima kebaikan dari orang lain tulislah di batu, supaya tidak pernah hilang dari ingatan

Jika kamu berbuat baik kepada oang lain tulislah di tanah supaya lekas ilang dari ingatan

Dadi menungso kuwi ora usah kacang kakean cangkem, opo maneh yen bab Agomo kudu gage tumindahk yen diperintah Gusti Allah ( menjadi manusia itu tidak perlu banyak cakap terlebih untuk urusan Agama, harus segera melaksanakan perinta dari Allah SWT.)

Kakean Cangkem itu bagaimana mBah.?

Maksud kakean cangkem jadiah kamu orang Islam yang Sami’na Wa Atho’na kami dengar dan kami taat ( QS 2:285) , jangan sampai kita menjadi manusia yang Sami’na Wa Ashoina kami dengar tetapi kami tidak patuh ( QS 2:93). Contoh dalam Al Qurán jelas nanti kalau kamu sudah pulang ngarit buka Al Qurán surat Al Baqoroh baca dari ayat 67-73, disitu Allah jelas -jelas memerintahkan kepada Bani Israil untuk menyembelih sapi, akan tetapi karena kaum bani israil kacang kakean cangkem, bukan segera melaksanakan perintah  akan tetapi malah bolak balik bertanya dan hampir-hampir mereka tidak melaksanakan perintah Allah tersebut.

@Jidan9084

admin_kangardani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *