1

HUMAS SEKARANG kok gitu..?

Mas Muchamad Ardani, aku meh ngomong iso?

Monggo mBak, wonten wigati punopo.?

Ngene lho Mas, aku nonton kok Humas Bea Cukai saiki kok gitu yaa.? gaya beudh…jare ABG saiki, maksudku kok sering yen ono acara pakai kaos, tidak pakai baju seragam. Opo wis ono aturane.?

toz_0173

Mbak Woro sahabat saya yang masih keturunan trah keraton Mangkunegaran memang selalu dengan penuh sopan santun dalam berkomunikasi. Tutur katanya kepada semua teman Kantor hampir tidak pernah melukai perasaan, gaya bicara khas putri Solo ditambah suara serak-seraknya membuat lawan bicara semakin terkesima. Wajah khas jawa dengan kulit kuning langsat, membayangkan artis Dian Sastrowardoyo berjilbab adalah gambaran yang tepat.

Beberapa kali kami terlibat dalam satu team Kantor terutama untuk kegiatan sosial, juga kegiatan keagamaan dalam rangka hari besar agama Islam. Seperti biasa kemampuan saya hanya dalam bidang jepret-jepret, sebaliknya mBak Woro adalah wanita dengan penuh inovasi dan penuh semangat dalam menjalankan tugas yang menjadi tanggungjawabnya, semua tugas yang diemban tuntas dan nyaris sempurna, saat menjadi Ketua Seksi Keputrian di Dewan Kemakmuran Masjid Kantor kegiatan-kegiatan keputrian sangat semarak, beberapa tokoh wanita muslim nasional berhasil didatangkan untuk menambah wawasan para kaum muslimah.

Bukan saya tidak mau mengemban amanah menjadi Ketua Seksi Keputrian kembali, akan tetapi jika saya kembali menjadi Ketua itu tandanya kita pengurus DKM Masjid ini tidak berhasil dalam mengelola organisasi demikian alasan mBak Woro menolak dengan halus saat diminta menjadi Ketua kembali.

Berkat tangan dinginnya bersama team keputrian sekarang ini di Kantor ada tempat penitipan anak, yang dikelola secara profesional sehingga TPA tersebut menjadi solusi jitu bagi para keluarga muda yang tidak mempunyai asisten rumah tangga . Bahkan untuk tenaga pengasuh di TPA harus mempunyai latar belakang pendidikan terendah Sekolah Lanjutan Atas serta memiliki catatan keterangan baik dari pihak yang merekomendasikan, juga sebelum menandatangani kontrak kerja diwajibkan untuk melakukan medical cek up dengan biaya Kantor, alasan mBak Woro sederhana saja, jika nanti ada satu saja pengasuh anak-anak yang dititipkan ternyata mempunyai penyakit menular dan ternyata menularkan penyakitnya kepada anak-anak yang dititpkan di TPA membuat kita terkena pasal turut serta mengakibatkan anak teman kita sakit. Hal tersebut itu akan terbawa bawa hingga kapanpun.

Dengan penuh kehati-hatian saya mencoba memberi penjelasan kepada mBak Woro perihal penampilan kami yang berbeda dimana dalam menjalankan tugas di lapangan seringkali kami tidak memakai pakaian uniform Kantor yang sehari-hari kami pakai.

Saya tidak ingin membuat kecewa mBak Woro, persahabatan kami yang sudah lama menjadi salah satu penyebabnya ditambah pertanyaan mBak Woro sangat wajar terlebih beliau tidak vulgar dalam menyampaikan pendapatnya, bahkan tetap dengan penuh kehati-hatiaan agar saya dan teman-teman tidak merasa dihakimi secara sepihak.

Alasan kami sederhana saja sebenarnya, jika di lapangan terutama outdoor kami memang memakai kaos dengan identitas Humas Bea Cukai, karena untuk memudahkan kami bergerak juga memberi keluasaan dalam berpindah tempat untuk mengabadikan acara-acara Kantor, kami menyadari bahwa pakaian kami ini belum ada payung hukumnya, dan memang sedang dalam usulan kepada bagian Organta (Organisasi dan Tata Laksana), harapan kami usulan kami diterima.

HUMAS MENGABARKAN BUKAN MENGABURKAN

HUMAS MENGABARKAN BUKAN MENGABURKAN

Namun untuk kegiatan-kegiatan lapangan yang di dalam gedung, seperti sosialisasi peraturan Menteri Keuangan terbaru, penandatanganan MOU dengan US Customs, misalnya kami tetap memakai seragam dinas kami kok mBak Woro.

mBak Woro bisa bayangkan jika dengan pakaian dinas kami harus sedikit pecicilan dalam mengambil sudut gambar yang kami inginkan atau kami perlukan, selain merepotkan juga tidak elok rasanya dengan baju dinas kebesaarn kita ini kami pecicilan. Berita yang kami buat selain harus memenuhi unsur 5W+1H juga kami usahakan mempunyai jiwa seni, sehingga jika tulisan sudah cakep namun visualnya standar-standar saja menjadi tidak menarik, sangat tidak menarik minat para pembaca. Apalagi sekarang ini era jurnalistik yang nge-pop , era jurnalistik yang singkat dan padat seperti bodi mBak Woro.

Para pembaca media online dengan keterbatasan waktu sangat tidak suka berita yang lebay penuh basa-basi, mereka ingin berita yang langsung kepada tujuan namun informatif, jika digambarkan maka berita tersebut seperti kurva terbalik, dari informasi umum yang mengandung 5W+1H tadi ditambah lead berita yang sexy menjadikan para pembaca tertarik untuk selalu membaca berita yang kabarkan.

dscf0044

Matur nuwun banget mBak Woro atas perhatiannya kepada kami team Humas Bea Cukai, dan mohon maaf jika membuat mBak kurang nyaman. Kami yakin mBak Woro tidak sedang mengkritik kami namun itu bukti nyata mBak sayang kami agar menjadi #beacukaimakinbaik.

 

admin_kangardani

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *