0

TEMPAT TERAKHIR

Kebanggaan membuncah dari sorot mata semua anggota organisasi, saat akhir episode perjuangan panjang menghasilkan sebuah penilaian tersendiri, bahkan bukan  hanya dari internal. Apresiasi eksternal adalah point tersendiri. Sebuah catatan pojok kali pertama.  Merupakan kebahagian tersendiri mengingat target-target yang tertera seolah menjadi momok , karena begitu banyak agitasi dari berbagai arah. Ada luka banyak suka. Kesetiaan pada institusi begitu terpatri di setiap sanubari para penjaga marwah organisasi. Semua unsur  unit kerja adalah unsur pembentuk anak tangga kegemilangan.

Merupakan kebahagian tersendiri mengingat target-target kinerja tahunan organisasi yang seolah menjadi momok. Ada begitu banyak tekanan dari berbagai arah. Ada luka yang harus dirasakan untuk mencapai tujuan. Ada waktu yang harus dikorbankan untuk memenuhi harapan semua orang. Ada keluarga yang harus dikesampingkan untuk kepentingan lebih banyak keluarga. Selalu pada setiap tahunnya, ada hal-hal yang harus lebih keras dilakukan untuk menggapai target yang kian menantang.

Buku agenda 2017 telah ditutup dengan catatan tersendiri dan kita semua, setiap bagian dari organisasi, memiliki andil dalam prestasi yang diraih dan perbaikan yang masih jadi pekerjaan rumah. Menjadi bagian dari penulis sejarah tersebut adalah kepuasan tersendiri.

 

Memasuki tahun 2018 semua pihak memberi signal bahwa tahun ini akan semakin berat. Berat sekali tugas yang akan dihadapi di lapangan. Disinyalir penyebabnya karena situasi politik cenderung memanas diseluruh penjuru nusantara terkait Pilkada. Mempersiapkan pesta akbar di tahun 2019. Persiapan segala keperluan hardware dan software dimulai sejak sekarang.

 

Kondisi sosial politik lokal dan internasional juga sukar diprediksi. Negara adidaya seperti negeri paman sam , masih terus menjaga hegemoni terhadap dunia dengan kebijakan yang sering menuai kontroversi dibawah kepemimpinan Presiden Donald Trump. Institusi ini erat dan lekat dengan perdagangan internasional. Sedikit saja terdapat perubahan kebijakan di negeri adi kuasa, langsung berimbas kemana-mana.

Yang harus lebih dipersiapkan adalah upaya penguatan karakter semua anggota agar tidak ada satupun anggota yang termakan agitasi dari pihak manapun. Terdapat satu saja anggota dari keluarga besar ini, yang tidak seirama dalam menjalankan tugas akan memberi implikasi secara langsung dengan sangat signifikan pengaruhnya bagi semua anggota organisasi . Jika saja perilaku menyimpang dari system prosedur sampai terjadi akan meluluhlantakkan segala pondasi yang dibangun dengan berdarah-darah dalam jangka waktu panjang. Unit kepatuhan harus bisa membuat peta kerawanan pribadi maupun unit kerja yang berpotensi  menyimpang dari system prosedur. Upaya deteksi dini tanda perilaku mengarah terhadap perilaku negatif harus sudah bisa diantisipasi sejak awal. Bagaimanapun mencegah adalah lebih baik disbanding mengobati.

 

“Tuhan tidak menuntut kita untuk sukses, yang dituntut oleh Tuhan adalah kita berjuang tanpa henti sampai titik darah penghabisan. Kita tidak disuruh panen. Kita disuruh menanam. Karena itu jangan pernah berhenti menanam.” ( Cak Nun).

 

Upaya bersama seluruh anggota organisasi untuk bergandengan tangan dengan menghilangkan ego sektoral adalah upaya terbaik menjaga kebersamaan institusi yang sudah mandarahdaging dalam balutan jiwa korsa. Kita ingin secara bersama-sama meniti jalan ini dengan penuh kebersamaan. Intitusi tercinta ini menjadi tempat terakhir kita menyemai benih kebaikan, agar para penerus kita yang akan panen kebajikan. Semoga.

 

Kau adalah bagian hidupku

Dan akupun menjadi bagian

Dalam hidupmu yang tak terpisah

(Tempat Terakhir – Padi )

 

 

 

 

admin_kangardani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *